Pesugihan: Cerita Pesugihan | Aneka Ilmu Pelet | Kisah Misteri | Ilmu Kanuragan | Pusaka Keris | Mustika

Tempat Berburu Pesugihan di Jawa Tengah

Tempat angker yang kerap menjadi lokasi berburu pesugihan di wilayah Jawa Tengah memang cukup banyak. Bukan sekedar tempat berburu pesugihan di Jawa Tengah yang banyak namun para pencari juga terlihat tidak pernah berhenti mendatangi lokasi-lokasi wingit tersebut. Ingin tahu lebih jauh mana saja tempat angker yang kerap disambangi para pelaku ritual pesugihan tersebut? Di bawah ini kami sajikan beberapa lokasi yang kerap menjadi tempat ritual pemujaan di Jawa Tengah. Namun perlu kami ingatkan bahwa tulisan ini sekedar berbagi sebagai media hiburan semata.
tempat-pesugihan-di-jawa-tengah

Tempat pesugihan di Jawa Tengah

1 Gunung Srandil

Salah satu lereng gunung yang terkenal sebagai tempat berburu pesugihan di Jawa Tengah adalah Gunung Srandi. Lokasi ini berada di wilayah Kabupaten Cilacap tepatnya di Kecamatan Adipala.

Bagi masyarakat setempat lereng gunung srandil sudah tidak asing lagi terdengar sebagai tempat angker dan penuh dengan misteri. Berbagai kejadian dan peristiwa pada masa lalu mungkin membuat lereng gunung Srandil dijadikan salah satu lokasi ritual pemujaan bagi orang-orang tertentu.
Selain terdapat lereng dan rimbun pepohonan gunung Srandil juga terkenal menjadi salah satu petilasan beberapa tokoh seperti Nyai Dewi Tanjung Sekarsari, Juragan Dampo Awang, Hyang Sukma Sejati dan masih banyak lagi yang lainnya. Siapa dan bagaimana peran mereka pada masa lalu hingga membuat tempat petilasan mereka kerap diziarahi mungkin hanya beberapa orang yang mengetahuinya dengan pasti. Yang jelas hingga saat ini lereng Gunung Srandil Cilacap Jawa Tengah kerap menjadi lokasi ritual pesugihan yang dilakukan oknum-oknum tertentu.

2 Air Terjun Guci

Selain terkenal sebagai obyek wisata dengan pemandangan alam yang indah air terjun guci yang terletak di wilayah lereng gunung slamet ini juga kerap diceritakan masyarakat sebagai tempat angker dan wingit. Berbagai sosok makhluk gaib mulai dari genderuwo, tuyul, pocong, wewe gombel, dan siluman seperti siluman kera, siluman buaya putih, hingga siluman naga kerap disebut dalam menggambarkan kemistikkan air terjun guci.
Baca Juga: Kisah Misteri Jin Penunggu Benda Pusaka
Mitos yang santer dibicarakan oleh masyarakat membuat tempat ini kerap dikunjungi banyak orang dengan berbagai tujuan mulai dari menginginkan awet muda, meminta kekayaan atau pesugihan, hingga meminta agar mendapatkan jabatan tertentu baik dalam pekerjaan maupun sosial.

Makhluk mitologi yang konon menghuni air terjun guci adalah sosok Naga besar dengan sebutan Naga Cerek. Entah seperti apa dan bagaimana ritual para pemburu pesugihan di tempat ini melakukannya mungkin hanya para pelaku yang mengetahuinya.

3 Goa Susuh Angin 

tempat-berburu-pesugihan-di-jawa-tengah

Goa susuh angin merupakan salah satu goa yang berada di wilayah lereng gunung Merbabu. Tidak banyak sumber yang menceritakan asal usul dari goa susuh angin, namun keangkeran dan kemistikkan tempat ini kerap sekali dikisahkan oleh masyarakat Jawa Tengah. Di lain sisi kemistikkan dan keangkeran goa susuh angin justru banyak dimanfaatkan oleh orang-orang sesat dengan melakukan sebuah ritual pesugihan di tempat ini. Dari beberapa sumbur menyebutkan bahwa ritual yang dilakukan pada salah satu tempat berburu pesugihan di Jawa Tegah ini yakni dengan cara menumbalkan nyawa pasangannya baik suami maupun istri. 
Simak Juga: Adakah Pesugihan Tanpa Tumbal?
Hebohnya lagi seiring meningkatnya kasus-kasus perselingkuhan akhir-akhir ini berdampak signifikan terhadap para pelaku yang melakukan ritual di goa susuh angin. Ada pula yang kemudian menyimpulkan bahwa karena peristiwa yang biasanya dialami dalam berumah tangga baik perselingkuhan pasangannya, kekerasan dalam rumah tangga KDRT maupun yang lainnya membuat salah satu pasangan tega melakukan ritual pesugihan sesat ini.

4 Gunung Selok

tempat-pesugihan-di-jawa-tengah

Mungkin Anda akan merasa kaget ketika mendengar bahwa tempat wisata yang pernah Anda kunjungi yakni Gunung Selok menjadi salah satu tempat berburu pesugihan di Jawa Tegah. Sebab tempat ini menjadi obyek wisata andalan bagi para pencinta alam di Indonesia. Wilayah Gunung Selok juga banyak terdapat berbagai tempat yang menambah obyek wisata di daerah ini seperti benteng-benteng peninggalan jaman penjajahan dan goa baik yang telah dikelola sebagai tempat wisata maupun goa yang masih alam yang terjadi secara alami.
Simak Juga: Cerita Nyata Tentang Hantu Sundel Bolong
Meski demikian ada pula orang-orang yang berdatangan tidak untuk menikmati keindahan alam yang ada melainkan melakukan suatu ritual dan laku guna mendapatkan ilmu pesugihan. Berbagai laku dan ritual seperti bertapa atau bersemedi, memberikan sesaji bahkan tumbal menjadi ciri khas para pelaku pencari pesugiha di wilayah Gunung Selok Cilacap Jawa Tengah ini.

Informasi di atas hanyalah sebagai hiburan semata, dan jangan sekali-kali mendatangi tempat-tempat tersebut dengan niat sesat seperti memanjatkan doa pada penunggu, maupun meminta sesuatu pada makhluk gaib penghuni tempat tersebut. Cukuplah Allah menjadi penolong dan tempat kita berlindung dari dunia yang fana ini. Terimakasih telah membaca cerita tentang tempat berburu pesugihan di Jawa Tengah ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tempat Berburu Pesugihan di Jawa Tengah