Pesugihan: Cerita Pesugihan | Aneka Ilmu Pelet | Kisah Misteri | Ilmu Kanuragan | Pusaka Keris | Mustika

Cerita Pesugihan Buto Ijo

Pesugihan buto ijo memang cukup terkenal di kalangan masyarakat jawa. Meskipun cerita pesugihan buto ijo akhir-akhir ini tidak lagi santer dibicarakan orang, namun diyakini beberapa paranormal bahwa cara mencari kekayaan dengan jalan singkat ini masih saja dilakukan orang-orang tertentu. Pada masa lalu kisah seperti ini sangat santer dipergunjingkan, bahkan tak jarang sebutan tumbal dalam pesugihan ini kerap mewarnai kisah misteri tersebut.

Buto Ijo

Buto ijo adalah salah satu jenis makhluk tak kasap mata yang memiliki ciri berbadan besar, tinggi, dan penuh dengan bulu. Konon kulit buto ijo berwarna hijau gelap disertai dengan mata yang memancarkan warna kemerahan serta gigi dan taring yang besar nan panjang. Disinyalir jenis makhluk gaib ini merupakan sejenis genderuwo yang juga kerap menampakkan diri pada tempat-tempat tertentu.

ilustrasi-dalam-cerita-pesugihan-buto-ijo
Buto ijo sendiri merupakan sebutan yang diberikan karena jenis makhluk gaib ini dari warna kulitnya, namun sebagian orang beranggapan bahwa buto ijo tidak selalu memiliki warna hijau, ada pula yang berwarna hitam. Beberapa waktu silam berita menghebohkan muncul di wilayah gunungkidul yogyakarta karena adanya kejadian munculnya buto ijo di wilayah tersebut. Bahkan tidak hanya sekali dua kali atau seorang dua orang yang melihat sosok buto ijo tersebut. Puluhan warga Gunungkidul pada waktu itu mengaku sempat melihat makhluk yang menyerupai raksasa tersebut di berbagai daerah.

Selain terkenal sebagai makhluk gaib yang suka iseng dan menampakkan diri, buto ijo juga dikenal sebagai salah satu makluk yang bisa dijadikan peliharaan. Ya, cerita pesugihan buto ijo memang kerap menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat jawa.

Pesugihan Buto Ijo

Masyarakat jawa pada umumnya yang secara turun temurun mempercayai adanya kekuatan animisme dan dinamisme erat mengaitkan segala sesuatu dengan hal yang berbau mistik. Sebut saja pesugihan buto ijo, jenis ilmu ini dikenal sebagai cara yang bisa menyelesaikan masalah seseorang dari jeratan kemiskinan dengan cepat.

Lalu bagaimana cara mencari pesugihan buto ijo ini?
Sebagaimana kebanyakan ilmu pesugihan lain seperti pesugihan nyi roro kidul dan pesugihan gunung kawi yang memanfaatkan atau bersekutu dengan makhluk gaib berupa jin/ syetan jenis pesugihan ini juga dilakukan dengan cara bersekutu dengan buto ijo. Biasanya seseorang meminta bantuan kepada dukun sakti yang mampu memberikan bimbingan dalam ritual mencari pesugihan. Pesugihan buto ijo juga kerap dikaitkan dengan cara sesat dalam mendapatkan kekayaan berupa penglaris dagangan.

Sebagian masyarakat lain percaya bahwa buo ijo dalam penglarisan dagangan mampu membujuk dan merayu calon pembeli untuk membeli dagangan pemelihara buto ijo meskipun dengan harga mahal. Demikian sedikit cerita pesugihan buto ijo semoga dapat memberikan sedikit wawasan dan hiburan kepada kita semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cerita Pesugihan Buto Ijo