Pesugihan: Cerita Pesugihan | Aneka Ilmu Pelet | Kisah Misteri | Ilmu Kanuragan | Pusaka Keris | Mustika

Misteri Hantu Kuyang Kalimantan Konon Merupakan Ilmu Hitam Untuk Keabadian

Cerita heboh tentang misteri hantu kuyang kalimantan konon merupakan ilmu hitam untuk keabadian memang sering mewarnai media. Lebih-lebih warga kalimantan terutama di wilayah timur dan tengah. Banyak warga setempat yang membenarkan bahwa hantu ini memang ada. Cerita rakyat yang beredar luas hingga kini erat mengaitkan misteri hantu kuyang dengan suku dayak. Hal ini tentu menjadi bukti kebesaran dan keanekaragaman daerah di Indonesia.

Penampakan jenis makhluk lembut ini juga pernah dialami dan diperbincangkan di berbagai daerah kalimantan seperti Banjarmasin, Barabai, Buntok dan juga Banjarmasin. Bahkan di daerah kapuas dan seberang jembatan mahakam menjadi tempat yang sering kemunculan hantu khas kalimantan ini.

Hantu Kuyang Kalimantan

misteri-hantu-kuyang-kalimantan
Misteri Hantu Kuyang Kalimantan Konon Merupakan Ilmu Hitam Untuk Keabadian
Sebagaimana yang kami tuliskan di atas, hantu ini memang merupakan wujud makhluk halus yang kerap ditemukan di wilayah kalimantan khususnya kalimantan timur dan tengah. Kota-kota besar seperti Banjarmsin, Juga Barabai dan Buntok, Samarinda,  konon menjadi tempat paling banyak ditemukan penampakan hantu kuyang.

Tak heran jika warga setempat sangat mempercayai kebenaran cerita dan kisah misteri ini, bahkan beberapa waktu yang lalu ada isu yang memberitakan bahwa makhluk ini ditangkap warga Kalimantan Timur. Wujud dari penampakan hantu ini kerap digambarkan hampir mirip dengan glundung pringis di jawa dan leak di pulau bali yakni berupa kepala manusia. Hal yang membedakannya ialah wujud yang menyertai kepala tersebut.

Wujud Hantu Kuyang



misteri-hantu-kuyang-kalimantan-merupakan-ilmu-hitam-untuk-keabadian
Wujud hantu kuyang kalimantan dalam misteri konon merupakan ilmu hitam untuk keabadian
Baca Juga: Pesugihan Dewi Lanjar | 11 Kisah Misteri Paling Mengerikan
Hantu kuyang merupakan wujud makhluk dengan kepala seperti manusia dan anggota badan berupa organ dalam tubuh manusia. Yang lebih menyeramkan lagi sosok gaib ini dapat terbang dan melayang di udara. Sebagian orang meyakini bahwa asal usul dan sejarah dari jenis makhluk tak kasap mata ini bermula dari sebuah ilmu hitam untuk keabadian yang dilakukan oleh seseorang. www. Hantu kuyang. Com.

Sangat mengerikan memang jika kita lihat dari beberapa foto penampakan serta kita kaitkan dengan cerita yang telah melegenda di masyarakat sekita. Sebagian orang lainnya menganggap bahwa kuyang merupakan jelmaan dari seseorang yang menganut ilmu hitam dan pada waktu-waktu tertentu menjelma sebagai hantu untuk mencari mangsa darah bayi yang baru lahir atau wanita yang sedang melahirkan.

Bisa kita bayangkan wujud dari makhluk yang digambarkan sebagai wajah seorang perempuan bermata merah serta memiliki taring panjang. Itu belum seberapa, yang lebih menakutkan lagi ialah penampakannya yang secara tiba-tiba dan terbang serta merayap dari pohon satu ke pohon lainnya untuk mengintai mangsa. Selain itu wujudnya itu lho berupa kepala dengan badan organ dalam manusia seperti jantung, hati, paru-paru serta usus yang menggelantung wah gak tahan pasti kalau kita melihat dan menemukannya dengan mata kepala sendiri.

Asal Usul Hantu Kuyang 

misteri-hantu-kuyang-kalimantan-merupakan-ilmu-hitam-untuk-keabadian
Misteri Hantu Kuyang Kalimantan Konon Merupakan Ilmu Hitam Untuk Keabadian
Ilmu hitam untuk keabadian, inilah asal usul hantu kuyang yang kerap dituturkan oleh orang-orang kalimantan. Selain dipercaya sebagai salah satu makhluk tak kasap mata, makhluk ini juga dikenal sebagai jelmaan manusia yang sedang mempelajari ilmu hitam. Konon pada siang hari wujudnya merupakan manusia sebagaimana biasanya, pada kesempatan ini si pencari ilmu hitam melakukan pengamatan pada orang-orang sekitar untuk mencari mangsa pada malam harinya.

Dari sinilah kemudian cerita misteri hantu kuyang kalimantan konon merupakan ilmu hitam untuk keabadian tumbuh dan melegenda di masyarakat sekitar seperti Banjarmasin, Barabai, juga Buntok dan Banjarmasin. Tak heran jika makhluk ini juga kerap disebut sebagai makhluk jadi-jadian.

Sumber yang sama menyatakan bahwa makhluk ini biasanya bermula dari seorang wanita yang ingin memiliki wajah awet muda atau dalam kata lain mencari keabadiaan serta menganut ilmu hitam tertentu. Dan salah satu syarat untuk mewujudkan keinginannya tersebut ialah dengan memangsa bayi yang sedang lahir atau bisa juga menghisap darah saat proses melahirkan seseorang. Entah bagaimana kebenaran misteri tersebut sepertinya tidak ada orang yang dapat menjelaskan dengan pasti.

Di lain sisi ada juga sumber yang menjelaskan bahwa jika hantu kuyang tidak menumukan mangsa berupa wanita yang sedang melahirkan maka ia akan terbang dan berkeliaran di sekitar rumah-rumah penduduk konon mencari bekas pembalut seseorang yang di buang. Kurang kerajaan aja ya sepertinya mencari pembalut bekas?

Hadewh namun memang demikian asli cerita yang menjadi misteri hingga kini. Sumber tersebut menambahkan bahwa pembalut bekas tersebut akan dihisab nodanya (darah menstrulasi wanita) sebagai ganti darah wanita yang sedang melahirkan/ bayi yang sedang lahir. Hebohnya lagi jika ia tidak menemukan pembalut konon makhluk jadi-jadian ini akan mendatangi para wanita khususnya yang sedang datang bulan dan menjilati serta menghisap darah kotor/ menstrulasi wanita tersebut. Hiii makin ngeri juga ya kisah yang beredar ini.

Menangkal Serangan

misteri-hantu-kuyang-kalimantan
Ilustrasi Hantu Kuyang Kalimantan dalam Mencari Memangsa


Baca Juga: Pesugihan Tanpa Tumbal Mahar Setelah Berhasil | Cara Menangkap Tuyul Pencuri Uang
Dengan adanya cerita misteri hantu kuyang kalimantan konon merupakan ilmu hitam untuk keabadian kemudian tumbuh kepercayaan pada masyarakat sekitar seperti Banjarmasin, Barabai, juga Buntok dan Samarinda pada masa lalu atau bahkan saat ini untuk menangkal serangan dari kuyang tersebut.

Konon makhluk ini takut dengan bawang-bawangan seperti bawang putih dan bawang merah. Tak heran jika para wanita yang sedang hamil tua akan menyimpan bawang merah dan bawah putih di bawah kasur tempat mereka tidur guna menangkal serangan hantu jadi-jadian ini. Bagaimanapun kebenaran dari cerita tersebut demikianlah yang menjadi kenyataan di masyarakat kita.

Dari cerita lain kedatangan hantu ini memiliki beberapa ciri seperti adanya lintasan bintang mendekati rumah/ pohon dan juga dapat menjelma sebagai seekor hewan baik burung, kucing, anjing, dan lain sebagainya yang mencurigakan dan seakan mengintai sesuatu serta melihat kondisi sekitarnya. Jika sudah terjadi demikian orang-orang kalimantan pada jaman dulu kerap berteriak sambil melempari berbagai benda yang ada baik batu maupun kayu ke arah kuyang tersebut.

Selain dengan tindakan demikian kuyang biasanya akan berusaha ditangkal oleh masyarakat pada jaman dahulu dengan membunyikan peralatan dapur seperti wajan, panci, dan lain sebagainya agar kuyang beranggapan bahwa di tempat tersebut banyak orang sehingga tidak jadi mendekat.

Lain halnya dengan perabotan rumah, sebagian lainnya ada yang mempercayai bahwa menangkal serangan hantu kuyang dapat dilakukan dengan cara membakar sampah hingga menimbulkan asap yang membumbung, selain sampah tumpukan daun atau kulit bawah baik bawang merah maupun bawang putih juga akan disertakan di dalamnya. Entah apa maksud dari filosofi tersebut hingga kini memang masih menjadi misteri.

Misteri hantu kuyang memang sangat mengerikan, konon di Kalimantan Timur pernah ada orang yang dapat menemukan dan menangkap makhluk jadi-jadian ini. diceritakan bahwa jika hantu ini tertangkap maka ia bersedia memberikan apa saja yang diminta oleh orang yang menangkapnya. Hal ini dilakukan agar tidak diketahui siapa dirinya.

Demikian ulasan mengenai hantu kuyang berasal dari kalimantan timur dan tengah, mulai dari kota Samarinda, Banjarmasin, Barabai, Hingga Buntok. Semoga dapat memberikan sedikit gambaran dan wawasan terkait kepercayaan, cerita misteri yang melegenda serta kisah hantu tentang misteri hantu kuyang kalimantan konon merupakan ilmu hitam untuk keabadian yang terjadi di wilayah Pulau Kalimantan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Misteri Hantu Kuyang Kalimantan Konon Merupakan Ilmu Hitam Untuk Keabadian