Pesugihan: Cerita Pesugihan | Aneka Ilmu Pelet | Kisah Misteri | Ilmu Kanuragan | Pusaka Keris | Mustika

Pesugihan Nyi Roro Kidul Ritual dan Sesaji

Nyi roro kidul merupakan sosok ghaib misterius yang kerap dikait-kaitkan dengan pantai selatan jawa. Ya, keyakinan misteri pesugihan nyi roro kidul banyak dipercaya masyarakat karena Nyi roro kidul disinyalir tinggal dan menjadi ratu di wilayah kerajaan ghaib pantai selatan. Maka tak heran jika ada pula yang menyebutnya dengan sebutan ratu pantai selatan. Bagaimana kisah misteri dan seperti apa pendapat masyarakat tentang keberadaanya? Mungkin catatan kecil di bawah ini akan memberikan sedikit pencerahan bagi kita dalam menguak misteri kanjeng ratu kidul.

Nyi roro kidul dalam legenda

Dalam legenda bahasa jawa nyi roro kidul digambarkan sebagai sosok ghaib dengan penampilan fisik sebagaimana wanita sempurna. Pada beberapa lukisan dan riwayat, sosok ini juga kerap digambarkan karena kecantikan dan kemampuannya dalam berbagai hal terkait kegaiban.

Legenda dalam bahasa jawa tersebut juga mengisahkan tentang awal mula atau asal usul Nyi roro kidul yakni dari kisah seorang wanita keturunan kerajaan pajajaran yang konon diusir dari keraton karena suatu penyakit kulit dan terjun ke laut pantai selatan. Kisah yang digambarkan dalam cerita tersebut juga menjelaskan bahwa sosok nyi roro kidul yang hingga kini banyak diperbincangkan masyarakat tersebut bermula dari seorang manusia.

ilustrasi-pesugihan-nyi-roro-kidul
Mengenai kebenaran cerita tersebut tentunya hanyalah sang pencipta yang mengetahuinya dengan pasti. Hanya saja sebagai menusia berakal tentunya kita dapat memilah apakah cerita legenda nyi roro kidul yang menyatakan dari seorang manusia tersebut dapat diterima logika ataukah tidak. Hal ini tentu saja karena sosok Nyi roro kidul merupakan sosok makhluk gaib yang memiliki dimensi berbeda dari kita.

Ritual dan sesaji para pelaku pencari pesugihan

Ya, pesugihan nyi roro kidul. Kalimat ini yang kemudian memberikan rasa penasaran bagi kebanyakan orang bagaimana bisa seseorang bertemu dengan sosok gaib seperti Nyi Roro Kidul dan bersekutu dengannya untuk tujuan tertentu. Masyarakat pesisir pantai selatan pulau jawa banyak yang meyakini bahwa orang-orang yang melakukan laku ritual untuk pemanggilan ratu pantai selatan memang merupakan orang-orang tertentu yang memiliki kemauan dan suatu tujuan. Adapun ritual dan sesaji para pelaku pencari pesugihan ini sangat beragam dan berbeda. Bahkan tempat yang digunakan sebagai ritual juga sangat banyak tak terhitung tempatnya.

Berbeda dengan cerita mengenai pesugihan gunung kawi, maupun gunung kemukus, salah satu cerita dari ritual yang dilakukan oleh para pelaku yakni menyatakan bahwa orang yang ingin memanggil dan meminta sesuatu pada Nyi roro kidul harus melakukan ritual pada malam jumat kliwon. Terkait ritual yang digunakan biasanya si pelaku harus menjalani syarat tertentu seperti mandi bunga, memberikan sesaji seperti kembang setaman, dupa, apem jawa, kelapa muda, dan lain sebagainya. Ritual yang dilakukan harus dilakukan sendiri tanpa ada orang lain di tempat sepi. Meski demikian tidak sedikit pula oknum-oknum tertentu melakukan ritual di pantai selatan dengan didampingi beberapa orang dan salah satu dari mereka biasanya merupakan penasihat spiritualnya.

Seperti apa syarat dan ketentuan dalam mencari pesugihan nyi roro kidul memang tidak ada sumber yang menyatakannya secara jelas dan gamblang. Hanya saja semua berpendapat harus melakukan syarat tertentu jika keinginannya harus terkabulkan bisa syarat ringan dan berat. Mulai dari tumbal seekor ayam hingga tumbal nyawa manusia.

Sebagai manusia beragama tentunya kita perlu waspada terhadap bisikan hal-hal semacam ini agar tidak terjerumus ke jalan yang sesat. Segala perbuatan yang kita lakukan tentu suatu hari nanti akan dimintai pertanggungjawabannya di hadapan Sang Pencipta.

Semoga sajian cerita pesugihan nyi roro kidul di atas dapat memberikan sedikit gambaran kegaiban makhluk astral yang banyak menjadi perbincangan masyarakat tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pesugihan Nyi Roro Kidul Ritual dan Sesaji