Pesugihan: Cerita Pesugihan | Aneka Ilmu Pelet | Kisah Misteri | Ilmu Kanuragan | Pusaka Keris | Mustika

Keris Semar Mesem Asli Palsu, Cara Membedakannya

Pusaka semar mesem memang sangat terkenal bagi para remaja. Tak heran jika jenis pusaka palsu lebih banyak beredar dari pada  keris semar mesem asli. Hal ini membuktikan bahwa para penjual kerap kali mengakali konsumen dengan berdalih berbagai macam alasan. Maka dari itu bagi para pembaca yan ingin mencari atau membeli jenis pusaka pengasihan ini ada baiknya mencermati dengan seksama barang atau benda yang akan Anda beli. Di bawah ini sekilas akan kami sampaikan perbedaan atara keris asli dan palsu yang banyak diperjual-belikan.
keris-semar-mesem-asli-dan-palsu

Definisi Asli

Meskipun dalam kamus besar bahasa Indonesia definisi asli dimaksud sebagai barang yang dibuat dari bahan murni namun secara hal ini bisa kita maknai dengan hal yang berbeda dalam mencari keris asli. Hal ini menjadi penting bagi Anda para kolektor karena memang para penjual kerap mengakali dengan promosi bahwa barang yang ia jual merupakan barang asli. Menurut penjual bisa saja dimaksudkan asli terbuat dari bahan perak, tembaga, ataupun kuningan tanpa campuran.
Baca Juga: Semar Mesem, Pilih Mantra Atau Keris?
Namun perlu kita waspadai bersama dalam mencari pusaka asli sebagai koleksi hendaknya kita mengetahui makna asli yang dimaksud dari sang pemilik. Tanyakan pada penjual apakah definisi asli menurut mereka. Apakah asli terbuat dari bahan tembaga/ kuningan? Atau bermakna benda bertuah warisan dari leluhur?

Hal ini kami sampaikan karena pada umumnya mereka yang menjual akan menyampaikan bahwa pusaka asli bukan palsu dapat dibuktikan dengan barang wujud yang pembeli dapatkan. Untuk membedakan antara keduanya ada baiknya Anda baca ciri-ciri di bawah ini.

Keris Asli

ilustrasi-keris-semar-mesem-asli

Semar mesem asli Maksudnya adalah sejenis benda pusaka warisan leluhur dan didapatkan secara warisan maupun secara penarikan benda gaib di tempat-tempat tertentu. Keris ini memang memiliki energi yang cukup besar dimana di dalamnya terdapat khodam penunggu yang telah lama bersemayam disana. Tak heran jika harga dari benda bertuah ini tergolong cukup mahal.

Keris Palsu

ilustrasi-keris-semar-mesem-asli

Benda yang satu ini memang sekilas terlihat mirip dengan benda bertuah, hanya saja terkadang umur dari barang tersebut tergolong muda dan bisa dikatakan merupakan hasil kesenian kontemporer saat ini dimana barang-barang tersebut biasanya terbuat dari tembaga/ kuningan yang dicetak. Secara fisik benda ini memang asli terlihat berwujdu keris semar mesem. Namun secara manfaat tentu saja benda ini tidak lebih dari sekedar hiasan seni ukir semata.
Baca Juga: Ajian Macan Putih Prabu Siliwangi 
Untuk membedaan antara kedua jenis benda tersebut ada baiknya Anda menanyakan kepada sang penjual mengenai asal usul benda itu didapat. Jika penjual tersebut mengaku bisa menarik benda pusaka alangkah baiknya jika Anda ikut menyaksikan cara penarikan benda tersebut. Biasanya paranormal yang benaran memperbolehkan Anda untuk ikut dengan syarat tertentu termasuk menyediakan ubo rampe atau sesaji yang dibutuhkan dalam penarikan benda pusaka.

Demikian sekilas tentang cara membedakan keris semar mesem asli dan palsu. Semoga dapat kita jadikan sebagai pengetahuan umum dan hiburan semata. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Keris Semar Mesem Asli Palsu, Cara Membedakannya