Pesugihan: Cerita Pesugihan | Aneka Ilmu Pelet | Kisah Misteri | Ilmu Kanuragan | Pusaka Keris | Mustika

Ritual Kejawen Malam Satu Suro Kasunanan Surakarta

Banyak orang bertanya tentang proses dan ritual kejawen malam satu suro yang diadakan di Kasunanan Surakarta. Pasalnya tiap malam pergantian tahun hijriyah tersebut keraton surakarta mengadakan prosesi kirab mengelilingi benteng serta membawa barang-barang pusaka milik kerajaan. Anehnya lagi di depan barisan pasukan kirab terdapat rombongan kebo bule sebagai pemimpin barisan. Sepertia apa dan sejak kapan adat ini dilakukan oleh keraton Surakarta? Simak penjelasannya selengkapnya.
ritual-kejawen-malam-satu-suro

Malam Satu Suro

Malem satu suro merupakan malam yang diwingitkan oleh masyarakat jawa sejak dulu karena mitos yang terdapat didalamnya. Namun demikian dibalik mitos yang beredar di masyarakat sebenarnya banyak mengandung makna historis bagi orang-orang yang mengetahuinya.

Malam tersebut sebenarnya merupakan malam pergantian tahun hijriyah dalam kalender islam. Di lain sisi masyarakat jawa sendiri mulai mengenal penanggalan jawa pada masa kerajaan Mataram kepemimpinan Sultan Agung Hanyokrokusuma. Pada saat itu, sebagai kerajaan islam tentu Mataram memiliki tugas cukup berat guna mempersatukan masyarakat Jawa.

Keberadaan penanggalan Islam memang telah dianggap sempurna oleh Sultan Agung, namun demikian kepercayaan di masyarakat jawa tidak seluruhnya menganut agama Islam. Dari sinilah kemudian tercipta penanggalan jawa yang di dalamnya terdapat dua belas bulan dan diawali dengan bulan Sura sama halnya penanggalan Islam yang dimulai pada bulan Muharam.
Baca Juga: Kisah Misteri Api Gaib Teror Warga Gunungkidul, Benarkah Ulah Banaspati?
Dengan adanya penanggalan jawa ini Sultan Agung ingin adanya persatuan rakyatnya tanpa membedakan agama dan keyakinan yang mereka anut.

Mitos yang telah melegenda di masyarakat jawa terhadap malam satu suro dan bulan suro memang abadi seolah tak dapat terhapuskan. Mistor tersebut antara lain ialah sbb:
  • Menganggap malam 1 suro merupakan malam angker dan dihubungan dengan dimensi gaib.
  • Bulan suro menjadi bulan penuh kesialan
  • Melarang adanya hajatan pada bulan suro
Beberapa mitos tersebut secara tidak langsung telah menciptakan adat yang mendarah daging di masyrakat jawa. Dalam rangka menyambut jatuhnya malam tersebut sebagian masyarakat yang masih kental dengan ajaran kejawen akan melakukan beberapa ritual seperti memandikan pusaka dan melakukan tapa bisu. Selain itu sepanjang bulan suro hampir tidak ada orang yang melaksanakan hajatan seperti pernikahan kecuali hajatan yang bersifat memaksa seperti memberi nama bayi (dalam jawa disebut njenengke), maupun memperingati kematian seseorang (40, 100, 1000, dsb).

Ritual Keraton Surakarta

Sebagai kerajaan pewaris dari Mataram kasunana Surakarta sangat menjunjung tinggi adat istiadat serta kebudayaan para pendahulu.

Hal ini bisa kita lihat pula dari tradisi ritual kejawen malam satu suro yang dilakukan oleh pihak kasultanan Surakarta dalam setiap menyambut tahun baru Islam. Tradisi yang telah dikenalkan oleh para pendahulu pemimpin Kerajaan Mataram Islam yakni adanya ritual jamasan pusaka dan mubeng benteng.

Persiapan

Sebagaimana yang diyakini oleh sebagian orang yang menganggap bahwa pusaka merupakan suatu benda berharga layaknya badan manusia. Hal ini kemudian melahirkan ritual pemandian atau jamasan pusaka milik keraton Surakarta.
ritual-kejawen-memandikan-kebo-bule-menjelang-malam-satu-suro

Dalam pemandian pusaka tersebut paling tidak menggunakan beberapa pelengkap seperti minyak wangi, kembang tujuh rupa, kelapa hijau, asam jawa, jeruk nipis, bunga melati, dan lain sebagainya. Ritual ini biasa dilakukan di Dalem Ageng Keraton Surakarta.

Tujuan dari ritual ini yakni sebagai usaha membersihkan pusaka dari kotoran, agar kharismanya tetap terjaga. Sebagian orang lagi mempercayai dengan memandikan pusaka maka khodam yang terdapat di dalamnya akan betah berada di wadahnya.

Pemandangan menarik juga akan kita temukan mana kala kita melihat prosesi pemandian pusaka keraton Surakarta pasalnya selain bentuk benda ternyata pusaka kesunanan Surakarta ada juga yang berwujud binatang yakni Kebo Bule yang akrab disebut Kyai Slamet. Konon kebo berwarna putih ini dulunya merupakan hadiah dari Bupati Ponorogo pada Pakubuwono II.

Mubeng Beteng

Setelah prosesi jamasan pusaka usai biasanya akan ada acara semacam kenduri atau tahlilan dan dilanjutkan dengan mubeng beteng berjalan mengelilingi kota Surakarta yang berjarak kurang lebih 7 KM. Dalam kirab tersebut seluruh kebo bule mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil milik kasunanan akan memimpin barisan.
ritual-kejawen-mubeng-beteng-malam-satu-suro-kasunanan-surakarta

Dalam acara mubeng benteng tersebut seluruh abdi dalem terlihat mengenakan pakaian khas dari Kasunanan Surakarta. Beberapa barisan berperan sebagai prajurut dan sebagian lagi ada yang membawa pusaka. Sepanjang perjalanan dalam rute tersebut akan terlihat sangat ramai oleh masyarakat yang ingin menyaksikan ritual yang dilakukan oleh Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Ritual mubeng beteng memang tidak hanya dikenal oleh masyarakat Surakarta saja melainkan pemandangan serupa juga bisa kita temui di Keraton Yogyakarta.

Demikian liputan mengenai ritual kejawen malam satu suro kasusnanan Surakarta yang dapat kita sampaikan. Semoga tradisi tersebut tetap terjaga hingga menjadi kekayaan tak ternilai bagi Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ritual Kejawen Malam Satu Suro Kasunanan Surakarta