Pesugihan: Cerita Pesugihan | Aneka Ilmu Pelet | Kisah Misteri | Ilmu Kanuragan | Pusaka Keris | Mustika

11 Tempat Pesugihan Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia

Tempat pesugihan menjadi salah satu syarat laku sakral dalam menjalankan suatu ritual spiritual. Di Indonesia sendiri pesugihan identik dikaitkan dengan ilmu sesat atau ilmu hitam yang dapat merugikan baik bagi para pelaku maupun orang lain. Kata pesugihan juga telah dikenal masyarakat Indonesia sejak ratusan tahun silam, lemahnya iman, serta kondisi ekonomi dan sosial seakan semakin memojokkan orang-orang tertentu untuk mencari cari instan dalam mendapatkan kekayaan. Di Indonesia khususnya pulau jawa terdapat banyak sekali tempat yang konon kerap dijadikan sebagai tempat mencari pesugihan. Di bawah ini kami rangkum dalam:

11 tempat pesugihan paling banyak dikunjungi di Indonesia.


1 Gunung Kemukus

Tempat pesugihan yang tidak asing lagi terdengar di telinga kita yakni pesugihan gunung kemukus. Meskipun tidak semua orang yang mengunjungi tempat ini bertujuan untuk mencari pesugihan namun entah mengapa gunung kemukus menjadi salah satu tempat terkenal yang paling banyak dikunjungi.

2 Alas Purwo

tempat-pesugihan-gunung-kemukus
Selain menjadi salah satu taman nasional di Indonesia, Alas purwo juga terkenal karena keangkerannya. Selain kedua hal tersebut salah satu taman nasional di Indonesia ini juga kerap dikunjungi oknum-oknum tertentu untuk mencari pesugihan. Dalam kawasan hutan lindung alas purwo terdapat banyak goa yang sebagian bersar dijadikan sebagai tempat pesugihan bagi orang-orang tertentu. Tak heran jika kita memasuki kawasan ini senantias menghirup bebauan yang bersumber dari asap kemenyan, dupa, serta bunga yang menjadi salah satu sesaji para pencari pesugihan.

3 Parangtritis

Ternyata salah satu pantai teramai di wilayah selatan yogyakarta ini bukan hanya banyak dikunjungi karena keindahan alamnya. Jauh dari hal tersebut ritual terselubung para pelaku pencari pesugihan kerap berdatangan di wilayah pantai parangtritis dengan berbagai macam tujuan dan ritual. Pada malam-malam tertentu seperti malam selasa kliwon dan jumat kliwon biasanya waktu terbanyak para oknum melakukan ritual di tempat ini. Tak jarang ritual yang mereka lakukan kerap dikaitkan dengan pencarian pesugihan nyi roro kidul yang dikenal sebagai penguasa kerajaan gaib di laut selatan pulau jawa.

4 Gunung Kawi

Entah mengapa lereng pegunungan banyak dijadikan sebagai tempat pesugihan. Begitu pula dengan lereng gunung kawi ini. Gunung yang terletak di wilayah Jawa Timur ini kerap dijadikan tempat ritual guna mencari jalan instan mencari kekayaan berbagi kalangan, mulai dari para pekerja, pengusaha, hingga para pejabat.

5 Gunung Merapi

Lagi-lagi gunung dijadikan sarana dalam ritual sesaji dan prosesi dalam mencari pesugihan. Adalah lereng gunung merapi, yang terkenal dari ratusan tahun silam menjadi salah satu tempat angker dan dikeramatkan. Bahkan dari catatan sejarah yang cukup mencengangkan Ki Juru Martani yakni paman dari Panembahan senopati mengasingkan diri dan bertapa di tempat ini untuk mencari wangsit sebelum berdirinya kerajaan Mataram Islam di Jawa. Mungkin karena sebab ini pula hingga kini lereng gunung merapi kerap dijadikan sebagai salah satu tempat pesugihan.

 6 Gunung Gede

Wilayah jawa barat juga ada tempat laku pesugihan yang terkenal. Gunung gede yang terletak di wilayah Cibodas Provinsi Jawa Barat ini sangat terkenal di kalangan masyarakat sebagai salah satu tempat mencari pesugihan. Konon para pelaku harus merelakan salah satu dari anak mereka sebagai tumbal dari pesugihan ini.

7 Kabongan Rembang

Wanita nan cantik jelita, begitu sebagian masyarakat menggambarkan penunggu wilayah kabongan rembang yang terkenal dengan sebutan Nyai Puspo Cempoko. Konon syarat dalam laku ritual pesugihan ialah melakukan perbuatan dilarang agama dengan Nyai Puspo Cempoko maka ia akan mengabulkan permintaannya. Begitu santernya kabar demikian sehingga kerap kali wilayah kobonga rembang menjadi salah satu tempat pesugihan paling banyak dikunjungi.

8 Sendang Kemilon

Sendang kemilon merupakan salah satu tempat yang terletak di daerah kecamatan pajangan, bantul, yogyakarta. Tempat ini kerap dijadikan para pemuja Nyi Blorong yang terkenal sebagai salah satu saudara dari Nyi Roro Kidul. Hampir sama dengan pesugihan nyi puspo cempoko syarat para laku pesugihan diharuskan melakukan perbuatan sesat dengan Nyi Blorong, katanya pula setelah prosesi tersebut dilakukan Nyi Blorong akan memberikan emas permata yang ia lepas dari sisiknya.

9 Sumur Kembar Gilimanuk

Pulau dewata yang terkenal akan keindahan wisata alamnya ternyata juga menyimpan misteri pesugihan. Sumur kembar, salah satu lokasi yang juga disebut dengan Pura Tirta Kembar merupakan salah satu tempat wisata sekaligus tempat pesugihan di wilayah gilimanuk. Para pendatang yang ingin mencari pesugihan diharuskan mandi telanjang dari sumber matar air sumur kembar tersebut. Entah bagaimana awal mula kepercayaan tersebut dikenal masyarakat, namun begitulah kenyataan yang kerap terdengar.

10 Gunung Tilu Purwakarta

Lereng gunung memang terkenal akan kemistikannya serta keangkerannya karena banyak digunakan sebagai pemukiman makhluk halus. Tak heran jika gunung tilu yang terdapat di wilaya Purwakarta Jawa Barat tersebut banyak disalahgunakan sebagai tempat mencari pesugihan dengan cara sesat. Meskipun tidak banyak orang yang mengetahui cara dan ritual dalam pemujaan di wilayah gunung tilu ini namun kenyataanya hampir setiap hari tempat ini dikunjungi orang yang sengaja ingin melakukan ritual pesugihan di tempat ini.

11 Bukit Bawang 

Selain sepuluh tempat di atas, bukit bawang juga dikenal sebagai salah satu tempat para pencari pesugihan melakukan ritual. Di tempat ini konon para pemuja jin akan mendapatkan harta dan kekayaan dari jin penunggu tempat tersebut. Sebagaimana ritual pada tempat lain, syarat yang diberikan bagi para pelaku juga sangat beragam mulai dari membakar kemenyan, menyajikan kemang 7 rupa hingga memberikan tumbal bagi sekutunya tersebut.

Semoga artikel berjudul 11 tempat pesugihan terkenal di atas dapat memberikan hiburan bagi kita semua dan sedikit memberikan pengetahuan agar kita tidak terjerumus ke dalam hal-hal sesat semacam itu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 11 Tempat Pesugihan Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia